SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL

SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL

SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL 

Sistem pendingin mesin mobil memegang peranan sangat penting dalam bekerjanya mesin mobil secara kontinyu. Sistem pendingin mesin mobil yang utama pada mobil adalah Sistem pendingin air, udara, dan oli pelumas. Air selalu merupakan komponen pendingin yang patut mendapat perhatian.

Sistem pendinginan
dalam mesin kendaraan adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga supaya temperatur/suhu mesin dalam kondisi yang ideal. Mesin pembakaran dalam (maupun luar) melakukan proses pembakaran untuk menghasilkan energi dan dengan mekanisme mesin diubah menjadi tenaga gerak. Mesin bukan instrumen dengan efisiensi sempurna, panas hasil pembakaran tidak semuanya terkonversi menjadi energi, sebagian terbuang melalui saluran pembuangan dan sebagian terserap oleh material disekitar ruang bakar. Mesin dengan efisiensi tinggi memiliki kemampuan untuk konversi panas hasil pembakaran menjadi energi yang diubah menjadi gerakan mekanis, dengan hanya sebagian kecil panas yang terbuang. Mesin selalu dikembangkan untuk mencapai efisiensi tertinggi, tetapi juga mempertimbangkan faktor ekonomis, daya tahan, keselamatan serta ramah lingkungan.

Proses pembakaran yang berlangsung terus menerus dalam mesin mengakibatkan mesin dalam kondisi temperatur yang sangat tinggi. Temperatur/suhu sangat tinggi akan mengakibatkan desain mesin menjadi tidak ekonomis, sebagian besar mesin juga berada di lingkungan yang tidak terlalu jauh dengan manusia sehingga menurunkan faktor keamanan. Temperatur/suhu yang sangat rendah juga tidak terlalu menguntungkan dalam proses kerja mesin. Sistem pendinginan mesin mobil digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur/suhu  kerja yang ideal.

Prinsip pendinginan mesin mobil  adalah melepaskan panas mesin ke udara, tipe langsung dilepaskan ke udara disebut pendinginan udara (air cooling), tipe menggunakan fluida sebagai perantara disebut pendinginan air. ( id.wikipedia.org )

JENIS JENIS SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL

SISTEM PENDINGIN AIR

Sistem ini menggunakan media air sebagai perantara untuk melepaskan panas ke udara.

KOMPONEN SISTEM PENDINGIN AIR

RADIATOR MOBIL
Bertugas sebagai perantara agar air panas dapat melepas panasnya ke udara. Dari bahannya, ada tiga jenis radiator: kuningan, tembaga dan aluminium.

Kelebihan radiator tembaga dan kuningan adalah kedua bahan ini bisa ditambal atau diperbaiki jika terjadi kebocoran. Namun kemampuannya melepas panas tidak sehebat aluminium. Sedangkan radiator aluminium agak sulit diperbaiki jika bocor. Sekarang hampir semua mobil baru menggunakan radiator aluminium.

Bagian Komponen radiator antara lain :
- Radiator core
- Radiator cap/Tutup radiator
- Upper tank
- lower tank
- upper hose
- lower hose
- drain cock

RADIATOR COOLANT
Air merupakan zat cair yang terbaik untuk mendinginkan mesin. Namun air juga memiliki kelemahan seperti titik didih yang rendah dan bisa menyebabkan korosi.

Makanya untuk pendinginan mesin, air dicampur dengan coolant agar titik didihnya bisa lebih tinggi dan tidak membuat korosi. Cairan pendingin yang merupakan campuran air dan radiator coolant ini perlu diganti paling tidak setahun sekali.

MOTOR FAN RADIATOR/MOTOR KIPAS FAN RADIATOR/MOTOR KIPAS PENDINGIN
Untuk mengalirkan udara melalui kisi-kisi radiator, khususnya saat mobil berhenti, diperlukan bantuan kipas pendingin. Ada dua jenis kipas pendingin: yang digerakkan langsung oleh mesin, dan diputar oleh motor listrik.

Kelebihan kipas yang digerakkan mesin adalah kemungkinan rusaknya kecil. Tapi kelemahannya putaran kipas ini rendah saat mesin stasioner dan memberi beban ekstra kepada mesin, terutama pada putaran tinggi. Padahal pada kecepatan tinggi radiator sudah cukup mendapat angin dari depan.

Untuk mengurangi kelemahan ini, kipas mesin dilengkapi dengan kopling visco. Kopling ini akan mengeras saat radiator sudah mulai panas sehingga mempercepat putaran kipas. Dan akan melemah jika radiator dingin sehingga kipas tidak terlalu membebani kerja mesin. Kerusakan pada kopling visco adalah makin lemah seiring bertambahnya usia.

Sedangkan kipas elektrik akan berputar cepat meski mesin dalam keadaan stasioner. Ini sangat menguntungkan saat jalan macet. Namun motor listrik pada kipas elektrik bisa rusak sehingga mengakibatkan mesin overheat.

Hidup-matinya kipas elektrik ini diatur oleh thermoswitch/SWITCH FAN RADIATOR yang bekerja dengan mendeteksi suhu air pendingin. Ketika air sudah mulai panas, thermoswitch SWITCH FAN RADIATOR akan memerintahkan kipas untuk hidup, sebaliknya saat air radiator sudah kembali dingin kipas dimatikan.

WATER PUMP
Untuk mengalirkan air dari radiator ke blok mesin dan sebaliknya digunakan pompa air yang digerakkan oleh mesin. Pada mesin kompetisi biasanya digunakan pompa air elektrik agar tidak membebani mesin.
Kerusakan pada pompa air umumnya adalah kebocoran pada silnya. Namun bisa juga kerusakan terjadi pada bilah pompa yang korosi atau berubah bentuk sehingga mengurangi kemampuannya memompa air.

Bagian Komponen water pump mobil antara lain:
- Pulley water pump
- Holes
- Mechanical Seal
- Rotor
- Bearing/laher water pump mobil

SELANG RADIATOR ATAS/SELANG RADIATOR BAWAH ( Upper dan lower hose )
Selang radiator berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok mesin. Ada dua slang di radiator, Upper hose berfungsi mengalirkan air panas dari mesin ke radiator. Sedangkan lower hose untuk menyalurkan air yang sudah didinginkan kembali ke mesin.

Kerusakan pada selang radiator adalah kebocoran akibat usia. Selain itu bisa juga karena karet selang sudah lembek sehingga tidak tahan menghadapi tekanan pada slang atas atau kevakuman pada selang bawah. Jika slang bawah tidak tahan terhadap kevakuman, maka selang akan kempot dan air tidak bisa bersirkulasi.

TABUNG CADANGAN AIR RADIATOR ( Resevoir tank )
Dalam keadaan panas, tekanan pada sistem pendinginan akan bertambah. Hal ini mengakibatkan ada air yang harus keluar dari sistem yang akan ditampung oleh tangki cadangan.

Saat mesin kembali dingin, tekanan pada sistem pendinginan juga akan kembali normal sehingga perlu tambahan air yang akan diambil dari tangki cadangan. Kerusakan pada tangki cadangan adalah kebocoran atau pecah akibat benturan.

TUTUP RADIATOR ATAS ( radiator cap )
Titik didih air adalah 100º Celcius pada tekanan 1 atm. Untuk menaikkan titik didih air, selain dengan penggunaan coolant juga bisa dilakukan dengan menaikkan tekanan pada sistem radiator. Besarnya tekanan inilah yang diatur oleh tutup radiator.

Besarnya tekanan dalam sistem pendingin di mobil biasanya tertulis di tutup radiator dengan angka 0,7 atau 0,9 dalam satuan bar. Artinya klep pada tutup radiator akan terbuka jika tekanan sudah melebihi angka itu dan air akan mengalir sebagian ke tangki cadangan.

Kerusakan pada tutup radiator adalah kebocoran akibat karet yang sudah getas atau pengaturan tekanan yang tidak lagi normal. Cirinya adalah jika air di tangki cadangan menjadi penuh dan tidak kembali ke radiator saat mesin dingin.

HEATER AC
Pada sebagian mobil, selain pendingin kabin juga dilengkapi pemanas. Biasanya panasnya heater ini diambil dari air radiator. Kerusakan yang sering terjadi adalah kebocoran pada slang penghubung blok mesin dan heater.

WATER JACKET
Untuk mendinginkan mesin, air harus mengalir di dalam blok. Saluran-saluran tempat air mengalir di blok mesin ini dinamakan water jacket. Pada mesin yang dirancang untuk iklim panas, water jacket ini biasanya dibuat lebih lebar, sedangkan pada mobil untuk negara dingin lebih sempit.

Perbedaan inilah yang sering membuat mobil-mobil Eropa mengalami overheat, khususnya tahun lawas. Kerusakan pada water jacket biasanya akibat lapisan karat yang menghalangi efektivitas cairan pendingin menyerap kalor, sekaligus menghalangi alirannya.

SILINDER HEAD ( head silinder )
Selain melalui water jacket di blok mesin, air juga melalui kepala silinder. Kerusakan pada kepala silinder adalah kebocoran kompresi yang mengakibatkan tekanan kompresi menembus air pendingin.

Gejala kerusakan ini bisa dilihat dari gelembung udara di air pendingin atau semburan air pada mulut radiator saat tutup dibuka dan mesin hidup. Kebocoran kompresi ini sering diakibatkan oleh melengkungnya kepala silinder akibat overheat atau umur mobil.

THERMOSTAT/TERMOSTAT
Cara Kerja Thermostat Mobil :
Suhu kerja mesin biasanya ada sekitar 87º-95º Celcius. Jika suhu terlalu dingin, pembakaran tidak belangsung sempurna. Sedangkan juka terlalu tinggi, mesin bisa cepat rusak. Yang bertugas untuk menjaga suhu kerja ini adalah thermostat yang terletak di mulut saluran air di kepala silinder.

Saat mesin dingin, thermostat akan menutup saluran ke radiator sehingga cairan pendingin akan mengalir kembali ke blok mesin melalui saluran bypass. Jika mesin sudah mencapai suhu kerja, thermostat akan terbuka dan air mengalir ke radiator untuk didinginkan.

Banyak mekanik yang melepas thermostat agar mesin lebih dingin atau mengatasi overheat. Namun langkah ini punya dampak buruk yaitu suhu mesin jadi terlalu dingin dan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Thermostat harus selalu terpasang dan dipastikan bekerja dengan baik. (1automotif5.blogspot.com )

SELANG BY PASS DAN PIPA BY PASS
By pass sebagai saluran pengembali air pendingin agar tetap bersirkulasi di dalam water jacket ketika temperatur kerja mesin belum tercapai dan thermostat masih dalam keadaan menutup

MOTOR EXTRA FAN AC MOBIL

SISTEM PENDINGIN UDARA

Dalam sistem ini, panas mesin langsung dilepaskan ke udara. Mesin dengan sistem pendinginan udara mempunyai desain pada silinder mesin terdapat sirip pendingin. Sirip pendingin ini untuk memperluas bidang singgung antara mesin dengan udara sehingga pelepasan panas bisa berlangsung lebih cepat. Sebagian dilengkapi dengan kipas (kipas eletkris atau mekanis) untuk mengalirkan udara melalui sirip pendingin, sebagian yang lain tanpa menggunakan kipas.


KELEBIHAN SISTEM PENDINGIN UDARA 


- Desain mesin lebih ringkas.
- Berat mesin secara keseluruhan lebih ringan dibandingkan tipe pendinginan air.
- Mudah perawatannya.

KEKURANGAN SISTEM PENDINGIN UDARA

- Harus ada penyesuaian untuk digunakan di daerah dingin atau panas terutama mesin berkapasitas besar.
- Sistem pendingin udara banyak diaplikasikan/digunakan  pada mesin pesawat, sebagian besar sepeda motor, mobil tipe lama dan sebagian kecil mobil tipe terbaru. Hampir semua mesin dengan kapasitas kecil menggunakan tipe ini, seperti mesin pemotong rumput, mesin genset dibawah 10 Kva, mesin pemotong kayu (chain saw) dan sebagainya.

SISTEM PENDINGIN OLI PELUMAS MESIN

Oli mesin dalam bak poros engkol, selain berfungsi untuk pelumas bagian dalam mesin juga turut serta dalam proses pendinginan mesin mobil. ( id.wikipedia.org )

Artikel terkait :

- SPAREPART ONDERDIL SUKU CADANG KOMPONEN PENDINGIN MESIN MOBIL
MOTOR FAN RADIATOR
RADIATOR ALAT PENDINGIN UTAMA MESIN MOBIL
TIPS CARA MENGECEK TUTUP RADIATOR MOBIL RUSAK
MOBIL TIMOR DAN MESIN MOBIL PANAS OVER HEAT OVER HEATING
SWITCH FAN RADIATOR 
- SELANG SELANG MOBIL
FIBER RADIATOR ATAS BAWAH
CARA MENGATASI PECAH SELANG RADIATOR
TABUNG CADANGAN AIR RADIATOR
WATER PUMP MOBIL
CARA KERJA THERMOSTAT MESIN MOBIL
PENYEBAB TABUNG CADANGAN AIR RADIATOR SELALU BERKURANG  MENYUSUT KOSONG HABIS LUBER TUMPAH MENDIDIH MENNGELUARKAN GELEMBUNG UDARA

Pencarian :

Prinsip Cara kerja sistem pendingin mesin mobil, masalah keluhan kerusakan komponen pendingin mesin mobil, Komponen sistem pendingin mobil, Sistem pendinginan mesin, Fungsi dan cara kerja komponen pendingin mesin mobil, mengenal dan cara kerja radiator mobil/thermostat/water pump dan sistem pendinginan mesin mobil, Cara perawatan/perbaikan/penggantian komponen sistem pendingin mobil

SISTEM PENDINGIN MOBIL SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL MASALAH KELUHAN PERMASALAHAN SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL FUNGSI KOMPONEN SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL KOMPONEN APA SAJA YANG TERMASUK SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL TANDA TANDA CIRI CIRI GEJALA SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL TIDAK BERFUNGSI RUSAK BERMASALAH CARA MERAWAT SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL HARGA SUKU CADANG KOMPONEN SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL PRINSIP KERJA SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL CARA KERJA SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL SISTEM PENDINGIN/PENDINGINAN MESIN

MOBIL HYUNDAI Accent Verna Avega Atoz Trajet Elantra Getz Matrix i10 i20 Santa Fe BIMANTARA Cakra Nenggala , KIA Visto Picanto Pride Carens 1 2 Carnival Bensin Pregio Travello Diesel Shuma Sportage 1 2 Sedona Spectra Rio RS SF , TIMOR Sohc Dohc Injection Injeksi Karburator , FORD LASER FORDLASER GL 1.3 CC Th 80 - 84 Ex Taxi 1.3 CC Th 86 - 98 Ghia 1.3 CC Th 86 - 89 Gala 1.6 CC Sonic 1.3 CC TX3 injection Champ 1.8 CC Th 90 Ford New Laser Ghia Inj ection 1.6 CC Th 95 96 97 Linx Lynx 1.8 CC Th 95- TX5 1.6 CC Th 84-88, Ford Telstar TX5 Thunder ( Saloon dan Hatch Back ) dan TX5 Telstar TX5 Grand 2.0 CC Th 89 - , Ford Telstar TX5 Challange Th 93 - Telstar TX5 Briliant Th 93 - Escape Ranger Everest, MAZDA Kotak 808 323 Th 79 323 Th 80- 84 1.3 cc Elite Th 86 1.3 cc Trendy Th 87 - 89 1.5 cc 323 Interplay 1.6 cc Astina 1.8 cc 323 Familia 1.6 / 1.8 cc Lantis 1.8cc Mr 90 Vantrend Baby boomer 616 Th 73 - 76 626 Th 80 - 84 ( Kebo) 626 LX Th 84 626 GLX 1.6 cc Th 86 626 SGX 87 2.0 cc 626 2.0 cc Capella 626 New Capella 2.0 cc MX 6 2.0 cc Cronos 2.0 CC dan 2.5 CC E 2000 MOBIL TIMOR MOBIL TIMOR SOHC MOBIL TIMOR DOHC MOBIL TIMOR KARBURATOR MOBIL TIMOR INJECTION

SISTEM PENDINGINAN MESIN MOBIL, FUNGSI KOMPONEN SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL

Anda sedang membaca artikel tentang SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL dan anda bisa menemukan artikel SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL ini dengan url http://azmot.blogspot.com/2011/04/sistem-pendingin-mesin-mobil.html , Terima kasih atas kunjungan anda dan artikel SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL Ini mudah mudahan bermanfaat buat anda, Link Azis Motor Depok : SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL Ini sebagai sumber link aslinya, Terimakasih.