Tab Menu E

CARA KERJA THERMOSTAT MOBIL

Posted By Azis Motor Depok


SWITCH TEMPERATUR/SWITCH FAN RADIATOR DAN THERMOSTAT


THERMOSTAT PENDINGIN MESIN MOBIL
THERMOSTAT MOBIL
Thermostat sangat penting untuk kendaraan bermotor maupun motor bakar apa saja yang menggunakan sistem pendingan air.

CARA KERJA THERMOSTAT :
Apabila mesin masih dingin waktu dihidupkan, air di radiator tidak mengalir ke ruang mesin, karena termostat menutup saluran tersebut. Dan bila temperatur mendekati suhu 90 derajat termostat mulai membuka sehingga air yang masih dingin di radiator dipompa ke ruang pendingin mesin. Karena ada pompa, maka air itu beredar dari mesin ke radiator dan dari radiator ke mesin, bila kendaraan sedang jalan menurun, temperatur mulai dingin dan termostat menutup, jika temperatur dalam mesin panas lagi, termostat akan kembali membuka dan mengalirkan air dingin ke mesin, demikian seterusnya sehingga dapat dikatakan bahwa thermostat adalah alat yang mengatur agar suhu mesin selalu stabil.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ( KELEMAHAN ) PEMASANGAN THERMOSTAT MESIN MOBIL :


Kerugian ( Akibat Buruk ) Thermostat Mobil di Buka/di Copot :
Umur mesin mobil menjadi lebih pendek karena pergantian suhu panas dingin yang cukup besar, mempercepat keausan pada mesin.

Kekurangan/Kerugian/Kelemahan Thermostat di Pasang:
Thermostat adalah salah satu  komponen mobil yang tetap memiliki keterbatasan usia pakai, yang jadi masalah  adalah kapan dan dimana thermostat mobil kita akan rusak kita tidak pernah tahu. Gejala Thermostat mobil akan rusak apakah kita tahu? Pada saat Thermostat mobil rusak, katup buka tutup untuk mengalirkan air panas dan air dingin menjadi tidak berfungsi sehingga mesin mobil menjadi panas/overheating.


Kelebihan Thermostat Mobil di Copot/Di buka :
Mesin Mobil menjadi lebih dingin, peluang untuk mesin mobil panas (Overheating) menjadi lebih sedikit

Tambahan Info Tentang AC mobil :

KOMPONEN/SPAREPART/ONDERDIL AC MOBIL


1. KONDENSOR AC MOBIL
Komponen ini berfungsi untuk mengubah freon dari gas ke cair sekaligus mendinginkannya dibantu kipas mesin atau kipas elektrik plus udara dari depan saat mobil berjalan.

Untuk membersihkannya, semprotkan air dengan kencang di saat Anda mencuci mobil. Sebab KONDENSOR AC biasanya banyak dihinggapi debu atau kotoran lainnya.

Bila kotoran atau debu itu dibiarkan dan mengeras bisa mengakibatkan karat atau keropos sehingga KONDENSOR AC bocor.

Masih di bagian kondensor, jangan lupa untuk memastikan kipas berfungsi dengan baik. Peranti yang berada persis di depan kondensor itu sangat vital meski bentuknya sepele.

Pasalnya kipas yang tidak berfungsi akan menyebabkan tekanan panas yang tinggi. Akibatnya bisa meledak.

Permasalahan yang kerap muncul adalah kebocoran. Cara untuk mengatasi tambal dengan las aluminium atau ganti baru.

2. KIPAS KONDENSOR AC MOBIL
Perangkat ini bertugas mengalirkan udara agar kondensor mampu mendinginkan refrigerant yang panas di dalamnya. Di beberapa mobil, KIPAS KONDENSOR AC  ini menyatu dengan KIPAS PENDINGIN MESIN MOBIL.

Permasalahan yang kerap timbul adalah putaran kipas melemah. Satu di antara cara untuk mengatasinya, memeriksa sistem kelistrikan AC. Bila ternyata masih bagus berarti motor listriknya bermasalah. "Motor harus diganti," kata Sutio.

3. KOMPRESOR AC MOBIL
Sesuai dengan namanya, peranti ini berfungsi untuk memberi tekanan tinggi ke freon agar mengalir ke sistem AC.

Kerusakan yang biasa terjadi di KOMPRESOR AC adalah seal dan gasket yang yang mulai getas. Kerusakan lainnya adalah tekanan atau kompresinya yang lemah seiring dengan usia komponen.

Cara untuk mengatasinya, servis seal atau KOMPRESOR AC. Bila sudah rusak lebih baik ganti dengan komponen baru. Pasalnya, bila tidak diganti, kerusakan akan merembet ke komponen lain. Sebab sistem kerja AC tidak stabil sehingga komponen lain memiliki beban lebih berat dan rusak.

4. DRYER AC MOBIL
Komponen ini merupakan saringan refrigerant yang berfungsi untuk menjaga kebersihan refrigerant dan tidak membuat komponen lain mampat. Biasanya komponen ini tersumbat.

Gejala kerusakan bisa dideteksi bila Freon tidak mengalir. Untuk mengetahuinya, lihat melalui kaca di bagian atas botol DRYER atau pada saluran tekanan tinggi.
Cara untuk mengatasinya, ganti dengan DRYER baru.

5. EVAPORATOR AC MOBIL
Peranti ini bertugas sebagai perantara refrigerant dengan udara. Dengan kata lain, EVAPORATOR AC berfungsi menghantarkan udara dingin ke dalam kabin. Bila evaporator kotor maka hembusan BLOWER AC MOBIL akan terhambat. Walhasil udara pun tak dingin.

Masalah yang kerap timbul adalah kebocoran. Cara untuk mengetahui kebocoran memang cukup rumit, Anda harus membongkar dan mengalirkan tekanan udara serta merendamnya di air. Bila timbul gelembung, berarti ada kebocoran.

Anda bisa meminta spesialis AC untuk menambalnya dengan las alumunium, atau menggantinya. Namun yang patut diingat harga peranti ini cukup mahal.
Itulah beberapa komponen terpenting dari AC dan cara kerja serta kemungkinan kerusakan yang terjadi.

Namun, masih banyak yang harus diperhatikan agar AC tidak rusak misalnya tidak terlambat mengisi Freon, membersihkan kisi-kisi AC, hingga membersihkan komponen yang ada.

"Satu hal lain yang juga patut diperhatikan adalah jangan merokok di dalam mobil, meskipun AC dimatikan dan jendela dibuka," wanti-wanti Sutio.

Pasalnya, abu rokok yang Anda hisap bisa saja beterbangan terbawa angin dan akhirnya hinggap di bagian evaporator. Selain abunya menyumbat, nikotinnya juga melekat di bagian AC sehingga menimbulkan aroma tak sedap.

ARIF ARIANTO  ( tempointeraktif.com )

Istilah :
WATER INLET HOUSING, WATER OUTLET HOUSING, INLET/OUTLET  WATERPUMP, THERMOSTAT TELAT BUKA, THERMOSTAT MOBIL RUSAK, INLET/OUTLET KEROPOS, USIA PAKAI/PEMAKAIAN THERMOSTAT, CARA MENGATASI MESIN MOBIL PANAS.