OLI MESIN MOBIL

CEK OLI MESIN MOBIL
OLI MESIN MOBIL TIMOR HYUNDAI KIA MAZDA FORD


Penggunaan Oli Mesin Kendaraan :
- Gantilah oli mesin secara teratur
Gantilah filter oli setiap ganti Oli (ada juga yg memilih tiap 10.000 Km)
Gunakan oli sesuai spesifikasi pabrikan mobil, yang paling penting adalah perhatikan TINGKAT KEKENTALAN OLI (contoh: 20W/50, 10W/40) dan peringkat oli (contoh: API Service SH atau SJ bahkan sudah ada SL, CH atau CI)
Gunakan oli yang memiliki MERK OLI dengan reputasi internasional seperti Esso, Total, Castrol, Shell, Motul, Aral, BP, ULX, Global Petro AMerica .

Semakin encer oli yang digunakan, semakin berisik suara mesin. Selain itu, mesin yang sudah mulai aus komponennya (seperti ring piston aus) tidak dapat menggunakan oli encer

Untuk mesin yang relatif masih baru (belum aus) OLI ENCER memiliki keunggulan antara lain: a. Konsumsi BBM semakin hemat
b. Performa mesin meningkat
c. Perlindungan terhadap seluruh komponen mesin terutama saat menghidupkan/ start mesin yang jauh lebih baik dari OLI KENTAL. Oli multigrade (contoh: 20W/50) selalu lebih unggul dibandingkan oli single grade (contoh: SAE 30)
Berlawanan dengan mitos dan persepsi masyarakat, OLI FULL SINTETIK sebenarnya tidak cocok digunakan jika mesin masih mengkonsumsi bensin bertimbal (Premix dulu masih bertimbal, skrg Pertamax sudah TT). Karena bensin TT (tanpa timbal) seringkali sulit didapat di luar Jakarta, hindari penggunaan oli full sintetik. Gunakan OLI SEMI SINTETIK (synthetic based) atau oli mineral yang baik (misalnya ULX)--> Point ini masih dalam penelitian juga

Berlawanan dengan mitos dan persepsi masyarakat, oli yang masih berwarna sangat bening setelah 1.000-2.000km adalah oli yang sangat buruk kualitasnya. Semakin cepat oli berubah warna menjadi keruh/ hitam, semakin baik kualitas oli tersebut karena oli itu selain menjalankan fungsi pelumasan juga menjalankan fungsi pembersihan mesin dari kerak karbon sisa pembakaran yang menempel pada dinding silinder

Penggunaan OLI ADITIF  sama sekali tidak diperlukan selama oli yang Anda gunakan sudah memiliki kualitas baik. Aditif tambahan kadangkala malah menurunkan kualitas oli yang sudah baik itu

Penggantian oli dilakukan secara berkala dengan juga memperhatikan jangka waktu selain jarak tempuh serta kondisi dan situasi jalan yg sering dilalui. (Sumber : http://hondatugu.com)


MINYAK OLI MOBIL BERDASARKAN KEGUNAAN/PENGGUNAAN:

OLI MESIN MOBIL

Oli mesin ini dibagi atas tiga jenis oli, yaitu OLI MINERAL, OLI SEMI SINTETIK dan OLI FULL SINTETIK. Oli mineral adalah oli berbahan minyak bumi (based oil), untuk oli semi sintetik adalah oli yang dibuat dari perpaduan antara oli mineral dan sintetik, sedangkan oli full sintetik dibuat dari bahan murni oli sintetik yang dikembangkan untuk pemakaian yang lebih tahan lama didalam mesin mobil.

Pada oli mesin kekentalan penggunaan telah di tetapkan dengan SAE (Society Automotive Engineers) untuk iklim indonesia yang berada di wilayah tropis menggunakan 15W-30 sampai 20W/50 Sedangkan mutu atau kualitas disimbolkan oleh API (American Petroleum Institute), ditandai dengan huruf besar. Untuk jenis mobil bensin biasanya menggunakan huruf S (service/spark) sedangkan pada bensin menggunakan huruf C (comercial).

Penggantian oli mesin umumnya diukur dari jarak tempuh per kilometer mobil. Oli mineral dapat digunakan maksimal sampai 7000 km dan oli sintetik dapat di gunakan sampai 10.000 km, tetapi sebaiknya melakukan penggantian oli yang telah ditetapkan oleh pihak pabrikan atau ATPM yaitu umumnya 5000 km, agar kondisi mesin tetap prima.

HARGA OLI MOBIL per ukuran galon yang ada di pasaran berkisar antara Rp. 113.000,- hingga Rp. 300.000,- belum termasuk jasa penggantian. Jadi persiapkan agenda rutin mengganti oli mesin mobil sebelum komponen mesin mengalami kerusakan, caranya dengan mencatat kilometer awal padasaat menggunakan oli yang baru.

OLI TRANSMISI/VERSENELING 
Penggunaan oli juga dipakai dalam transmisi kendaraan. Khusus untuk ini, telah dikenal ada dua jenis oli transmisi yaitu untuk transmisi manual dan matik, penggunaan oli-pun tentu berbeda. Oli transmisi manual dapat digunakan sampai 10.000 km, itu artinya oli bisa digunakan sampai sejauh 10.000 km dalam keadaan jalan, belum termasuk dalam kondisi macet atau tiap enam bulan sekali.

Pada oli khusus matic, sebaiknya lakukan penggantian setiap kelipatan 20.000 km. Bicara soal harga oli transmisi yang saat ini adalah sekitar Rp. 27.000,- hingga Rp. 43.000 untuk transmisi manual, sedangkan harga oli untuk transmisi matik sekitar Rp. 60.000,- hingga Rp. 220.000,- .

OLI GARDAN
Secara umum penggantian oli gardan biasanya dilakukan bersamaan dengan oli transmisi, Gantilah oli gardan secara rutin setiap 20.000 km, dan gunakan nilai kekentalan pelumas sesuai yang dianjurkan produsen kendaraan. Harga oli gardan yang ada di pasaran adalah sekitar Rp. 27.000,- hingga Rp. 43.000,-

Oli / MINYAK REM
Seperti halnya oli mesin, minyak rem ini juga ada grade-nya seperti halnya SAE dan API, yang dinyatakan dalam satuan DOT(Department Of Transportation). DOT adalah nilai titik didih dari minyak rem dalam meredam panas akibat pengereman, semakin rendah angka DOT kemampuan meredam panasnya juga kecil. Biasanya minyak rem DOT 3 yang umum digunakan untuk kendaraan harian, sementara DOT yang tinggi seperti DOT 5 dipergunakan untuk kendaraan lomba.

Dipasaran ada DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Makin tinggi angka DOT-nya, makin rentan terhadap masa pakai. Kalau grade-nya DOT 3, tidak ada masalah pada masa untuk sistem rem, minyak rem itu harus diganti minimal setelah kendaraan digunakan setahun. Kalau DOT-nya lebih tinggi, DOT 5 umpamanya, maka waktu penggantiannya dapat lebih singkat.

Oli / MINYAK POWER STEERING
Pada perangkat power steering tak luput dari penggunaan oli. Oli pada powersteering digunakan sebagai pompa hidraulik sehingga meringankan pengguna kendaraan mobil untuk menggerakan pengendali stir mobil.

Oli pada power steering penggantiannya kurang lebih sama dengan penggantian minyak rem. Biasanya dilakukan penggantian ulang/menguras setiap 25.000 km atau sekitar dua tahun dari pemakaian awal mobil. Harga oli yang ada dipasaran adalah sekitar Rp. 28.000,- sampai Rp. 60.000,-.( Sumber : Oldsite.situsotomotif.com )

Silakan Baca Juga :

- MINYAK/OLI POWER STEERING SELALU BERKURANG

Oli mesin Mobil  oli transmisi/verseneling Oli gardan minyak rem minyak power steering P/S HYUNDAI Accent Verna Avega Atoz Trajet Elantra Getz Matrix i10 i20 Santa Fe BIMANTARA Cakra Nenggala , KIA Visto Picanto Pride Carens 1 2 Carnival Bensin Pregio Travello Diesel Shuma Sportage 1 2 Sedona Spectra Rio RS SF , TIMOR Sohc Dohc Injection Injeksi Karburator , FORD LASER FORDLASER GL 1.3 CC Th 80 - 84 Ex Taxi 1.3 CC Th 86 - 98 Ghia 1.3 CC Th 86 - 89 Gala 1.6 CC Sonic 1.3 CC TX3 injection Champ 1.8 CC Th 90 Ford New Laser Ghia Inj ection 1.6 CC Th 95 96 97 Linx Lynx 1.8 CC Th 95- TX5 1.6 CC Th 84-88, Ford Telstar TX5 Thunder ( Saloon dan Hatch Back ) dan TX5 Telstar TX5 Grand 2.0 CC Th 89 - , Ford Telstar TX5 Challange Th 93 - Telstar TX5 Briliant Th 93 - Escape Ranger Everest, MAZDA Kotak 808 323 Th 79 323 Th 80- 84 1.3 cc Elite Th 86 1.3 cc Trendy Th 87 - 89 1.5 cc 323 Interplay 1.6 cc Astina 1.8 cc 323 Familia 1.6 / 1.8 cc Lantis 1.8cc Mr 90 Vantrend Baby boomer 616 Th 73 - 76 626 Th 80 - 84 ( Kebo) 626 LX Th 84 626 GLX 1.6 cc Th 86 626 SGX 87 2.0 cc 626 2.0 cc Capella 626 New Capella 2.0 cc MX 6 2.0 cc Cronos 2.0 CC dan 2.5 CC E 2000
AZIS MOTOR DEPOK - Toko Onderdil dan Bengkel Spesialis Mobil HYUNDAI KIA TIMOR BIMANTARA MAZDA FORD LASER - Ph. (021) 77 20 23 66