SERVICE ECU/KOMPUTER MOBIL

ECU/KOMPUTER MOBIL 

ECU/KOMPUTER  MOBIL

SEKILAS TENTANG ECU/KOMPUTER MOBIL
Bagian utama dari sebuah sistem injeksi elektronik (EFI) adalah Unit Kontrol Mesin , yang akan memonitor kegiatan mesin melalui berbagai sensor. Sensor-sensor ini akan dipergunakan oleh ECU/KOMPUTER mobil untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diinjeksikan dan mengontrol mesin dengan cara memanipulasi jumlah air dan udara yang masuk. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan tergantung dari beberapa faktor seperti suhu mesin, kecepatan rotasi mesin, dan komposisi gas buang. Injektor bahan bakar ini biasanya tertutup, dan terbuka untuk menginjeksikan bahan bakar ketika ada listrik yang mengalir di gulungan solenoid.

Dalam automotif, Komputer/ECU adalah sebuah singkatan untuk Electronic Control Unit atau Unit kontrol elektronik yang berfungsi untuk melakukan optimasi kerjanya mesin kendaraan, kadang-kadang disebut juga sebagai Unit kontrol mesin.

Dalam suatu mobil dapat  ditemukan beberapa Komputer:
- Kontrol injeksi bahan bakar yang berfungsi untuk mengendalikan penggunaan bahan bakar yang diinjeksikan serta besarnya udara kedalam ruang bakar sehingga penggunaan bahan bakar kendaraan paling efisien,
- Kontrol waktu pengapian yang berfungsi mengendalikan waktu/timing pengapian yang disesuaikan dengan kecepatan dan medan yang dilalui.
- Kontrol waktu katup yang berfungsi mengatur waktu /timing yang paling tepat untuk membuka dan menutup katup pemasukan dan pembuangan ( wikipedia ).

Dalam mendiagnosa kerusaksakan ECU/Komputer mobil apakah ECU/komputer mobilnya yang rusak atau bukan adalah bukan merupakan perkara yang mudah dan gampang, biasanya para montir akan mengecek dulu seluruh sistem pengapian mobil dari mulai yang paling ringan ( Busi, Kabel busi, Rotor, Cap Delco, Coil, CDI, Delco, Sensor Sensor Elektrik Mobil dll ) dan berujung di komputer mobil.

Untuk  memvonis apakah benar-benar ECU/Komputer mobil yang menjadi biang penyebab mobil sama sekali tidak bisa hidup, seorang montir/mekanik  harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas dan komprehensif tentang seluk beluk mesin mobil dan sistem pengapian mobil.

Artikel tentang ECU/Komputer mobil ini hanya sebatas Share saja, untuk menuh menuhin Blog saja he he he...dan Toko/Bengkel Azis  Motor sendiri tidak memperbaiki/men service/merepair ECU/Komputer mobil ini dan Tidak menjual ECU/komputer Copoton/Bekas/Service an.

Salam mudah2an bermanfaat...


Tambahan bacaan :
  
Sensor dan Istilah pada Mobil
Kabel Koil Coil KIA carens 1 2
Kabel busi mobil
Mesin mobil ndut ndutan ngendut
Faktor penyebab mesin mobil tiba tiba mati
Tanda tanda dan ciri ciri Ignition Coil Koil mobil rusak
Tanda tanda CDI mobil mulai rusak bermasalah
HARGA Cdi DELCO DISTRIBUTOR Coil KOIL Mobil
SENSOR MOBIL TIMOR


CEK HARGA KOMPUTER MOBIL TIMOR DOHC BARU DI TOKO AZIS MOTOR 


DISCLAIMER : Isi dan  tanggung jawab transaksi jual beli, service dan perbaikan adalah tanggung jawab toko/bengkel/montir /mekanik yang bersangkutan, bukan merupakan tanggung jawab Azis Motor Depok

Anda sedang membaca artikel tentang SERVICE ECU/KOMPUTER MOBIL dan anda bisa menemukan artikel SERVICE ECU/KOMPUTER MOBIL ini dengan url http://azmot.blogspot.com/2012/03/service-ecukomputer-mobil.html , Terima kasih atas kunjungan anda dan artikel SERVICE ECU/KOMPUTER MOBIL Ini mudah mudahan bermanfaat buat anda, Link Azis Motor Depok : SERVICE ECU/KOMPUTER MOBIL Ini sebagai sumber link aslinya, Terimakasih.