Tab Menu E

WARNA BUSI DAN MESIN MOBIL


BAGIAN-BAGIAN BUSI


BUSI MOBIL DAN MESIN MOBIL
Busi mobil  memegang peranan yang sangat vital untuk kendaraan kita, busi adalah salah satu sumber dari sistem pengapian/kelistrikan mobil kita. Salah satu  cara untuk mendiagnosis kondisi mesin mobil kita dalam keadaan sehat atau tidak adalah dengan melihat kepala busi ( Salah satu cara untuk mengetahui busi asli  atau palsu juga bisa dilihat dari kepala busi )

Kondisi busi :

- Kepala busi penuh dengan oli ( Ring seher/Ring piston dan Seal klep mesin mobil kita bocor/rusak, Kompresi mesin mobil kita menjadi tidak stabil )

- Kepala Busi terlalu renggang atau terlalu rapat

- Kepala Busi bengkok atau patah

Untuk mengetahui kondisi mesin mobil dari Warna Kepala Busi:

- Busi berwarna Coklat : Pada elektroda coklat agak keabu-abuan pertanda busi bekerja normal, namun mendekati batas usia pakai. Sebaiknya ganti baru.

- Busi berwarna Kekuning-kuningan: Mesin mengalami overheat, sehingga suhu dan tekanan pada mesin naik secara drastis. Cek peranti pendingin mesin.

- Busi berwarna Usang : Busi seperti usang dengan sedikit timbunan kerak pada elektroda. Busi telah apkir dan perlu ganti baru.

- Busi berwarna Kemerahan : Lapisan elektroda terkelupas dengan warna kemerahan, tapi tidak ada kerak. Mesin mengalami ovberheat, periksa kode heat range dan peranti pendingin mesin.

- Busi berwarna Gosong : Terdapat timbunan kerak dan elektrodanya berwarna gosong. Artinya, setelan bahan bakar tidak benar. periksa suplai bensin dan peranti kelistrikan lainnya.

- Busi berwarna Meleleh : Elektroda meleleh dan terlihat gosong, akibat busi dengan heat range yang salah. Terjadi kebocoran pada komponen mesin yang menyebabkan pelumas turut terbakar di ruang mesin.

- Busi berwarna Kerak tebal : Timbunan kerak yang tebal pada elektroda dan kepala busi disebabkan pemakaian bahan bakar yang buruk. Terjadi kebocoran pada sil di klep yang membuat pelumas merembes hingga ke busi.

- Busi berwarna Basah : Terdapat sisa pelumas pada elektroda dan kepala busi, mesin mengnalami detonasi atau ngelitik. Cek timing pengapian atau gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

- Busi berwarna Bengkok : Elektroda menempel pada kepala busi dikarenakan piston menghantam busi. Cek komponen internal mesin.(Pratomo FJ)

Ide : Otomotif.kompas.com dan lambar.org