TIPS AGAR KAMPAS/PLAT KOPLING/DISC CLUTCH MOBIL LEBIH AWET/TAHAN LAMA

TIPS AGAR KAMPAS KOPLING/PLAT KOPLING/DISC CLUTCH MOBIL LEBIH AWET/PEMAKAIAN TAHAN LAMA

KAMPAS/PLAT KOPLING SET/ASSY/LENGKAP MOBIL

TIPS MERAWAT KOPLING  MOBIL
Menipisnya kampas/plat kopling tidak bisa ditentukan secara pasti, karena keawetan masa pakainya tergantung dari berbagai hal. Berikut ini  informasi bagaimana agar kampas/plat kopling menjadi lebih awet/pemakaian/masa/umur pakai lebih lama :

- Biasakan Gigi versneling/transmisi selalu dalam posisi netral di lampu merah/selagi macet

- Biasakan mengganti Part Seal krek as belakang sewaktu turun kopling dengan Qualitas yang bagus, Untuk menghindari kebocoran lebih dini yang akan menyebabkan oli menempel pada plat kopling dan plat kopling menjadi slip

- Sewaktu kemacetan di jalan raya yang cukup parah biasakan posisi gigi selalu dalam posisi netral

- Jangan menggunakan setengah kopling saat macet dijalan menanjak untuk menahan mobil agar tidak mundur ataupun kebiasaan terlalu lama menginjak pedal kopling. Biasakanlah menggunakan bantuan rem tangan untuk menahan agar mobil tidak mundur disertai dengan posisi gigi netral dan segera lepaskan pedal kopling setelah melakukan perpindahan gigi khususnya pada transmisi manual.

- Pilih dan gunakanlah oli yang berkualitas serta rajin menggantinya secara berkala. Untuk mobil transmisi matic, disarankan mengganti oli transmisi setiap 5.000 kilometer (km), bersamaan dengan penggantian oli mesin. Lalu, setiap 20.000 km dianjurkan oli dikuras dan diganti baru, diikuti dengan penggantian filter oli transmisi. Hal ini untuk mengeluarkan serpihan-serpihan serbuk halus akibat kanvas kopling yang saling bergesekan. 

- Pada mobil transmisi manual, biasakanlah melakukan perpindahan transmisi dengan sedikit menurunkan putaran (rpm) mesin. Pada mesin otomatis, biasakanlah memberhentikan dulu mobil sebelum melakukan perpindahan tranmisi dari D ke P ataupun sebaliknya. Perpindahan persneling dari D (Maju) ke P (Mundur) ataupun sebaliknya yang terburu-buru hingga tidak menunggu hingga roda berhenti berputar, bisa berakibat terjadi benturan yang keras pada bagian transmisi karena keadaan yang tidak tepat serta menyebabkan kanvas kopling bergesekan keras sehingga cepat terkikis.

- Master Kopling Atas dan Master Kopling Bawah sebaiknya dalam kondisi bagus/tidak bocor. Kalau Kit Koplingnya Telat balik maka akan selalu menekan plat kopling dan plat kopling dalam kondisi yang tidak netral/tergesek terus, sehingga plat kopling cepat tipis.

- Part/komponen Kopling Set ( plat kopling, matahari/dekrup, drek laher dan laher Flywheel) sebaiknya pada waktu penggantian, diganti dengan Qualitas yang bagus.

KATEGORI MASALAH KOPLING MOBIL

- PEDAL KOPLING BERAT
- PEDAL KOPLING KERAS
- PEDAL KOPLING GETAR BERGETAR
- PEDAL KOPLING MACET TIDAK BISA BALIK/TIDAK MAU BALIK
- KOPLING MOBIL BERSUARA
- MINYAK KOPLING SELALU BERKURANG MENYUSUT BOCOR REMBES NETES SELALU NAMBAH
- MASTER KOPLING ATAS BAWAH MOBIL BOCOR REMBES NETES LUKA BARET TIDAK BISA BALIK TIDAK MAU BALIK
- KABEL KOPLING MOBIL SERET BERAT KERAS PUTUS MACET
- MOBIL TIDAK BERTENAGA LOYO TIDAK ADA AKSELERASI

CARA MENGATASI MASALAH KOPLING MOBIL DAN PENYEBABNYA 

PENYEBAB MASALAH KOPLING MOBIL BERAT KERAS BERGETAR BERBUNYI BERSUARA krek krek ngorok ngerosok :

- PENYEBAB MASALAH Kopling Mobil bergetar : kuku Matahari/Dekrup Kopling Sudah aus minta di ganti
- PENYEBAB MASALAH Mobil tidak ada tenaganya/Akselerasi tidak ada : Plat Kopling Tipis
- PENYEBAB MASALAH Kopling bunyi/bersuara  sewaktu idle/stationer : Laher /Bearing Flywheel ( Roda gila ) Aus bisa juga per Plat kopling longgar
- PENYEBAB MASALAH Bunyi/suara kopling sewaktu di Injak pedal Kopling : Drek laher kopling Rusak/aus
- PENYEBAB MASALAH Bunyi/suara di sekitar  kopling mobil  ( kecuali dua hal di atas ) : Gigi susun Transmisi/Versneling bunyi/bersuara berisik ngerosok
- PENYEBAB MASALAH Injakan Pedal kopling Keras/berat : Dekrup/Matahari Mulai aus/rusak bisa juga master kopling macet/kabel kopling rusak/macet/putus di dalam  ( rata rata pada mobil karburator/lama )
-  PENYEBAB MASALAH Minyak Rem selalu Berkurang/menyusut/nambah terus : Master Kopling atas/bawah bocor
- PENYEBAB MASALAH injakan pedal kopling naik/tidak ada akselerasi pada waktu mesin mobil panas padahal kampas/plat kopling baru : Master kopling atas/bawah yang lainnya bisa juga karena kampas/plat kopling selip/slip karena seal krek as belakang dan seal as kopling/seal as primer bocor rembes netes

CARA MENGATASINYA : Ganti komponen yang saya sebutkan di atas, di jamin masalah kopling anda selesai, dan akselerasi kecepatan mobil anda jadi wuuush wuuush... lagi

MERK KOPLING MOBIL :

- Valeo ( rata- rata untuk mobil Korea )
- Daikin
- Aisin

Artikel terkait :

Plat kopling kampas kopling Set Hyundai Trajet Kia Carens 1 2
- Tips Cara kampas / plat kopling / disc clutch lebih awet tahan lama

Pencarian :

TIPS AGAR KAMPAS/PLAT KOPLING/DISC CLUTCH MOBIL LEBIH AWET/TAHAN LAMA MASALAH KOPLING MOBIL  INJAKAN PEDAL KOPLING BERAT KERAS GETAR BERGETAR PEDAL KOPLING MACET TIDAK BISA BALIK/TIDAK MAU BALIK  KOPLING MOBIL BERSUARA MINYAK KOPLING SELALU BERKURANG MENYUSUT BOCOR REMBES NETES SELALU NAMBAH MASTER KOPLING ATAS BAWAH MOBIL BOCOR REMBES NETES LUKA BARET TIDAK BISA BALIK TIDAK MAU BALIK KABEL KOPLING MOBIL SERET BERAT KERAS PUTUS MACET MOBIL TIDAK BERTENAGA LOYO TIDAK ADA AKSELERASI MOBIL TIMOR DOHC SOHC HYUNDAI KIA BIMANTARA CAKRA NENGGALA EXCELL 1 2 i ii MAZDA FORD LASER

MERK HARGA PLAT KAMPAS KOPLING MATAHARI DEKRUP DREK LAHER MOBIL HYUNDAI Accent Verna Avega Atoz Trajet Elantra Gets Matrix i10 i20 Santa Fe BIMANTARA Cakra Nenggala , KIA Visto Picanto Pride Carens 1 2 Carnival Bensin Pregio Travello Diesel Shuma Sportage 1 2 Sedona Spectra Rio RS SF , TIMOR Sohc Dohc Injection Injeksi Karburator , FORD LASER FORDLASER GL 1.3 CC Th 80 - 84 Ex Taxi 1.3 CC Th 86 - 98 Ghia 1.3 CC Th 86 - 89 Gala 1.6 CC Sonic 1.3 CC TX3 injection Champ 1.8 CC Th 90 Ford New Laser Ghia Inj ection 1.6 CC Th 95 - Linx 1.8 CC Th 95- TX5 1.6 CC Th 84-88, Ford Telstar TX5 Thunder ( Saloon dan Hatch Back ) dan TX5 Telstar TX5 Grand 2.0 CC Th 89 - , Ford Telstar TX5 Challange Th 93 - Telstar TX5 Briliant Th 93 - Escape Ranger Everest, MAZDA Kotak 808 323 Th 79 323 Th 80- 84 1.3 cc Elite Th 86 1.3 cc Trendy Th 87 - 89 1.5 cc 323 Interplay 1.6 cc Astina 1.8 cc Familia 1.6 / 1.8 cc Lantis 1.8cc Mr 90 Vantrend 616 Th 73 - 76 626 Th 80 - 84 ( Kebo) 626 LX Th 84 626 GLX 1.6 cc Th 86 626 SGX 87 2.0 cc 626 2.0 cc Capella 626 New Capella 2.0 cc MX 6 Cronos 2.0 CC dan 2.5 CC E 2000 ONDERDIL SPAREPART HYUNDAI KIA MAZDA FORD LASER TIMOR

PENYEBAB MASALAH KOPLING MOBIL BERAT KERAS BERGETAR BERBUNYI BERSUARA krek krek ngorok ngerosok

Anda sedang membaca artikel tentang TIPS AGAR KAMPAS/PLAT KOPLING/DISC CLUTCH MOBIL LEBIH AWET/TAHAN LAMA dan anda bisa menemukan artikel TIPS AGAR KAMPAS/PLAT KOPLING/DISC CLUTCH MOBIL LEBIH AWET/TAHAN LAMA ini dengan url http://azmot.blogspot.com/2011/02/tips-agar-kanpasplat-koplingdisc-clutch.html , Terima kasih atas kunjungan anda dan artikel TIPS AGAR KAMPAS/PLAT KOPLING/DISC CLUTCH MOBIL LEBIH AWET/TAHAN LAMA Ini mudah mudahan bermanfaat buat anda, Link Azis Motor Depok : TIPS AGAR KAMPAS/PLAT KOPLING/DISC CLUTCH MOBIL LEBIH AWET/TAHAN LAMA Ini sebagai sumber link aslinya, Terimakasih.