Tab Menu E

TANDA TANDA MASTER REM MOBIL MULAI BERMASALAH

Posted by : Azis Motor Depok


BAGIAN BAGIAN MASTER REM

SEKILAS TENTANG REM MOBIL
REM adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Karena gerak roda menjadi lambat, secara otomatis gerak kendaraanmenjadi lambat. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan. Pada rem regeneratif, sebagian energi ini juga dapat dipulihkan dan disimpan dalam rodagila (flywheel), kapasitor, atau diubah menjadi arus bolak balik oleh suatu alternator, selanjutnya dilalukan melalui suatu penyearah (rectifier) dan disimpan dalam baterai untuk penggunaan lain.

Energi kinetik meningkat sebanyak pangkat dua kecepatan (E = ½m·v2). Ini berarti bahwa jika kecepatan suatu kendaraan meningkat dua kali, ia memiliki empat kali lebih banyak energi. Rem harus membuang empat kali lebih banyak energi untuk menghentikannya dan konsekuensinya, jarak yang dibutuhkan untuk pengereman juga empat kali lebih jauh.

Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk :
Mengurangi kecepatan kendaraan.
Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
Menjaga agar kendaraan tetap berhenti.

Komponen utama dalam sistem rem terdiri dari :
- Pedal rem atau tuas rem.
- Penguat (BOOSTER REM).
- Silinder master (MASTER CYLINDER /MASTER REM MOBIL).
- Saluran pengereman atau kabel (lines).
- Rem drum ( Tromol rem ) atau rem cakram ( Discbrake).

Sistem rem anti terkunci atau ANTI-LOCK BRAKING SISTEM (ABS) merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda rem mobil ketika terjadi pengereman mendadak/keras.

Sistem ini bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga salah sebagian atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan, lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif.( wikipedia)

TANDA TANDA MASTER REM MULAI BERMASALAH :

- Minyak rem pada tabung master rem sering menyusut
- Injakan pedal rem kalau kita injak pada tekanan tetap, perlahan-lahan turun semakin dalam
- Injakan rem harus di injak berulang-ulang ( NGOCOK), mobil baru bisa berhenti
- Injakan rem sangat dalam, dan pengereman kurang pakem ( NGEMPOS )
- Piston rem pada kaliper rem dan piston wheel ciylinder belakang sering telat/ lambat  balik karena tekanan minyak master rem kecil

-  Asap knalpot berwarna putih ( bukan putih karena ring seher/seal klep ) karena kit master bocor dan minyak rem masuk ke booster dan ikut terbakar.

Artikel terkait

Rem mobil ngocok keras bagel
Velg Disc brake piringan rem mobil panas
- Masalah rem mobil
- Tips dan trik mengatasi rem blong saat mengemudi
- Piringan cakram rem discbrake timor kia hyundai mazda ford laser bimantara cakra nenggala
- Minyak rem nambah terus
- Bunyi pada kaki kaki mobil
HARGA MASTER REM BOOSTER REM HYUNDAI Accent Verna Avega Atoz Trajet Elantra Getz Matrix i10 i20 BIMANTARA Cakra Nenggala, KIA  Visto Picanto Pride Carens 1 2 Carnival Bensin Diesel Shuma Sportage 1 2 Sedona Spectra Rio, TIMOR Sohc Dohc Injection Injeksi Karburator , FORD LASER  FORDLASER GL 1.3 CC Th 80 - 84 Ex Taxi 1.3 CC Th 86 - 98 Ghia 1.3 CC Th 86 - 89 Gala 1.6 CC Sonic 1.3 CC TX3 injection Champ 1.8 CC Th 90  Ford New Laser Ghia Inj ection 1.6 CC Th 95 -  Linx 1.8 CC Th 95-  TX5 1.6 CC Th 84-88, Ford Telstar TX5 Thunder ( Saloon dan Hatch Back ) dan TX5 Telstar TX5 Grand 2.0 CC Th 89 - , Ford Telstar TX5 Challange Th 93 -  Telstar TX5 Briliant Th 93 -  Escape Ranger Everest, MAZDA Kotak 808 323 Th 79 323 Th 80- 84 1.3 cc Elite Th 86 1.3 cc Trendy  Th 87 - 89 1.5 cc  323 Interplay  1.6 cc Astina 1.8 cc Familia 1.6 / 1.8 cc Lantis 1.8cc  Mr 90 Vantrend  616 Th 73 - 76 626 Th 80 - 84 ( Kebo) 626 LX Th 84 626 GLX 1.6 cc Th 86 626 SGX 87 2.0 cc 626 2.0 cc Capella 626 New Capella 2.0 cc MX 6 Cronos 2.0 CC dan 2.5 CC E 2000

Search :

CARA PINTAR MENGENALI JENIS KERUKSAKAN SISTEM REM MOBIL
- RANGKAIAN SISTEM REM MOBIL
AZIS MOTOR DEPOK - Toko Onderdil dan Bengkel Spesialis Mobil HYUNDAI KIA TIMOR BIMANTARA MAZDA FORD LASER - Ph. (021) 77 20 23 66