RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION DAN MOBIL KARBURATOR

RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION (INJEKSI DOHC EFI)  DAN MOBIL KARBURATOR ( SOHC )

SISTEM PENGAPIAN MOBIL
SISTEM KELISTRIKAN MOBIL


Daftar Komponen SISTEM PENGAPIAN MOBIL :

-  Accu/Aki
-  Alternator/Dinamo Amper

DINAMO AMPERE/ALTERNATOR MOBIL
-  Busi ( Busi Kepala kecil dan Busi Kepala besar)
-  Kabel Busi ( Mobil Timor Mazda Ford laser Hyundai Kia )

KABEL BUSI MOBIL

-  Cap Delco/Cap delko mobil

CAP DELCO/DELKO MOBIL
-  Cap Delco Dalam ( fungsinya hanya buat penutup supaya air dan kotoran tidak masuk )
-  Rotor Delco

ROTOR DELCO/DELKO MOBIL
-  Platina Mobil
-  Condensor Delco
-  CDI , posisinya di dalam Delco ( Ada yang bisa diganti CDI nya saja dan ada yang Assy satu delco)
-  COIL ( Coil Delco Luar ada Coil Delco Dalam )

IGNITION COIL/KOIL MOBIL
-  Relay Main Engine
-  Sekring
-  Sensor-Sensor ( Terutama Sensor Camshaft atau sensor Hall )
-  Komputer/ECU Mobil


PENYEBAB MOBIL TERBAKAR KAP MESIN MENGELUARKAN ASAP :


1. Kabel terkelupas. Bisa jadi biang pemantik api. Kondisi mobil yang tidak stabil membuat kabel yang sudah getas saling bergesekan. Ciri khasnya, ada aroma bau sangit. Bila sudah tercium, segera pinggirkan kendaraan.

2. Kabel paralel bertumpuk pada aki. Biasanya kabel paralel pada aki suka tidak kencang pengikatannya (baut), sehingga korsleting kerap terjadi. Biar aman, soket kabel atau baut pada pada aki acap diperiksa.

3. Besar kabel tidak sesuai. Kabel sangat riskan jika tidak menggunakan tipe yang tepat. Karena setrum kabel mempunyai daya yang berbeda. Akibat salah mengaplikasi, kabel bisa memuai dan api dapat menjalar ke seluruh bagian mobil.

4. Selang bensin bocor. Terutama untuk mobil yang sudah punya umur. Selang bensin cuma bermaterial serat kain, jadi gampang getas atau robek.

5. Karburator. Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, jangnan menggunakan air filternya yang terbuka. Hawa bensin terkadar tembus melewati celah-celah kecil dari boks air filter. Bahayanya, ada kabel yang lecet dan bergesekan trus terkena hawa bensin.

6. Pipa knalpot bocor. Terutama yang melewati di bawa tangki bensin. Karena terkena hawa panas, bensin ikutan mennguap. Secara tidak  langsung bisa juga terbakar, walau membutuhkan waktu lama.

7. Oli bocor. Mobil yang telah mengalami upgrade mesin, penggunaan wraping (pembungkus antipanas) pada header memang wajib. Tapi teliti apakah ada cipratan oli dari blok mesin atau bagian lain yang dekat dengan header atau knalpot.

8.Mesin upgrade. Mobil yang mesin sudah dimodifikasi, pakai selang bensin berkualitas. Apalagi bahan bakarnya bensol, sebaiknya pakai selang yang breanded dengnan serat karbon atau baja.

9. O-Ring injektor. Karet atau selang o-ring injektor harus fleksibel. Jika sudah keras, cepat ganti untuk mencegah kebocoran.

10. Setrum kabel busi bocor. Sangat riskan menimbulkan percikan api, jika terkena tetesan bensin. Sekali sentuh saja, tangan bisa kesetrum hebat. Apalagi ada uap bensin. ( otomotif.kompas.com )



Kalau di singkat atau di sederhanakan  RANGKAIAN SISTEM PENGAPIAN MOBIL secara garis besarnya adalah :

- MASALAH PADA MESIN MOBIL
- FAKTOR PENYEBAB MESIN MOBIL TIBA TIBA MATI
- STARTER MOBIL PANJANG TAPI MOBIL TIDAK BISA HIDUP
- MESIN MOBIL NDUT NDUTAN NGENDUT
- BOX SEKERING MOBIL
- MOBIL TIDAK BISA SUSAH STARTER
- ECU/KOMPUTER MOBIL baca di PERBAIKAN SERVICE ECU/KOMPUTER MOBIL
- CDI MOBIL baca di TANDA TANDA CIRI CIRI GEJALA GEJALA CDI MOBIL MULAI RUSAK BERMASALAH
- DELCO/DISTRIBUTOR MOBIL baca di DISTRIBUTOR / DELCO MOBIL
- KOIL/IGNITION COIL MOBIL baca di TANDA TANDA CIRI CIRI KOIL/IGNITION COIL RUSAK BERMASALAH
- KABEL BUSI MOBIL baca di CARA MERAWAT KABEL BUSI
- BUSI MOBIL baca di INFO BUSI PANAS DAN BUSI DINGIN  dan  WARNA BUSI DAN MESIN MOBIL
- RELAY UTAMA MOBIL ( RELAY MAIN ENGINE ) silakan baca di  RELAY UTAMA MOBIL
HARGA  Cdi DELCO DISTRIBUTOR Coil KOIL Mobil
- SENSOR MOBIL TIMOR
- MERAWAT KABEL BUSI
RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION DAN MOBIL KARBURATOR

Pencarian :

RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION DAN MOBIL KARBURATOR SISTEM PENGAPIAN MOBIL SISTEM KELISTRIKAN MOBIL SISTEM PENGAPIAN DAN KELISTRIKAN MOBIL RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL PENGAPIAN MOBIL SISTEM KELISTRIKAN MOBIL SISTEM PENGAPIAN MOBIL RANGKAIAN SISTEM PENGAPIAN KELISTRIKAN MOBIL FUNGSI DAN CARA KERJA PENGAPIAN MOBIL KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL MASALAH PERMASALAHAN KELUHAN KELISTRIKAN PENGAPIAN MOBIL, KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL NAMA NAMA KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN KELISTRIKAN MOBIL SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL MACAM MACAM JENIS JENIS SISTEM PENGAPIAN MOBIL SISTEM PENGAPIAN MOBIL BENSIN PLATINA CONDENSOR INJECTION INJEKSI DOHC EFI KOMPONEN DAN CARA KERJA SISTEM PENGAPIAN MOBIL CARA SETTING SISTEM PENGAPIAN MOBIL SISTEM KELISTRIKAN MOBIL BAGIAN BAGIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN KELISTRIKAN MOBIL KABEL KABEL PENGAPIAN ( KABEL BODI/KABEL WIRING )


Nama nama komponen sistem pengapian mobil :

ACCU/AKI MOBIL ALTERNATOR/DINAMO AMPERE MOBIL BUSI ( BUSI KEPALA KECIL BUSI KEPALA BESAR ) MOBIL KABEL BUSI ( Mobil Timor Mazda Ford laser Hyundai Kia ) CAP/KAP DELCO/DELKO CAP DELCO/DELKO DALAM ( fungsinya hanya buat penutup supaya air dan kotoran tidak masuk ) ROTOR DELCO/DELKO PLATINA MOBIL CONDENSOR DELCO/DELKO CDI posisinya di dalam Delco ( Ada yang bisa diganti CDI nya saja dan ada yang ASSY/SET satu delco) COIL ( COIL/KOIL DELCO/DELKO Luar ada COIL DELCO/DELKO Dalam ) RELAY MAIN ENGINE Skring/sekering Sensor-Sensor ( Terutama Sensor Camshaft atau sensor Hall) Komputer/ECU Mobil

RANGKAIAN SISTEM PENGAPIAN MOBIL HYUNDAI Accent Verna Avega Atoz Trajet Elantra Gets Matrix i10 i20 Santa Fe BIMANTARA Cakra Nenggala , KIA Visto Picanto Pride Carens 1 2 Carnival Bensin Pregio Travello Diesel Shuma Sportage 1 2 Sedona Spectra Rio RS SF , TIMOR Sohc Dohc Injection Injeksi Karburator , FORD LASER FORDLASER GL 1.3 CC Th 80 - 84 Ex Taxi 1.3 CC Th 86 - 98 Ghia 1.3 CC Th 86 - 89 Gala 1.6 CC Sonic 1.3 CC TX3 injection Champ 1.8 CC Th 90 Ford New Laser Ghia Inj ection 1.6 CC Th 95 - Linx 1.8 CC Th 95- TX5 1.6 CC Th 84-88, Ford Telstar TX5 Thunder ( Saloon dan Hatch Back ) dan TX5 Telstar TX5 Grand 2.0 CC Th 89 - , Ford Telstar TX5 Challange Th 93 - Telstar TX5 Briliant Th 93 - Escape Ranger Everest, MAZDA Kotak 808 323 Th 79 323 Th 80- 84 1.3 cc Elite Th 86 1.3 cc Trendy Th 87 - 89 1.5 cc 323 Interplay 1.6 cc Astina 1.8 cc Familia 1.6 / 1.8 cc Lantis 1.8cc Mr 90 Vantrend 616 Th 73 - 76 626 Th 80 - 84 ( Kebo) 626 LX Th 84 626 GLX 1.6 cc Th 86 626 SGX 87 2.0 cc 626 2.0 cc Capella 626 New Capella 2.0 cc MX 6 Cronos 2.0 CC dan 2.5 CC E 2000 MOBIL TIMOR MOBIL TIMOR SOHC MOBIL TIMOR DOHC MOBIL TIMOR KARBURATOR MOBIL TIMOR INJECTION

RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION (INJEKSI DOHC EFI) DAN MOBIL KARBURATOR ( SOHC )

http://hargakomponenmobil.blogspot.com/2014/03/ignition-coil-koil-cdi-mobil.html
- Sistem pengapian dan http://softwareasrahsrev.blogspot.com/2011/08/kelistrikan-mobil.html


SISTEM PENGAPIAN MOBIL

Anda sedang membaca artikel tentang RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION DAN MOBIL KARBURATOR dan anda bisa menemukan artikel RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION DAN MOBIL KARBURATOR ini dengan url http://azmot.blogspot.com/2011/02/rangkaian-komponen-sistem-pengapian.html , Terima kasih atas kunjungan anda dan artikel RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION DAN MOBIL KARBURATOR Ini mudah mudahan bermanfaat buat anda, Link Azis Motor Depok : RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION DAN MOBIL KARBURATOR Ini sebagai sumber link aslinya, Terimakasih.
Azis Motor Depok - Toko Onderdil dan Bengkel Spesialis Mobil HYUNDAI KIA TIMOR BIMANTARA EXCELL MAZDA FORD LASER - Ph. (021) 77 20 23 66