SUKUCADANG PADA SHOCKBREAKER MOBIL YANG BIASA MENGALAMI KERUSAKAN

HARGA
SHOCKBREAKER / SHOCK BREAKER
BUNYI/SUARA YANG TIMBUL DISEKITAR SHOCKBREAKER MOBIL


Pernahkah anda mendengar suara DUK DUG NGIK NGIK NGUK KREK KREK pada waktu anda sedang mengendarai kendaraan anda terutama waktu kena lubang atau jalan jelek disekitar wilayah Shockbreaker?  kalau iya, berarti ada komponen/onderdil/sparepart/sukucadang bagian-bagian  tertentu dari shockbreaker sudah mengalami kerusakan.

Pada postingan kali ini, saya akan sedikit share sebatas pengetahuan saya yang sedikit, mengenai komponen komponen/onderdil-onderdil apa saja yang sedang/sudah mengalami kerusakan di sekitar/bagian bagian shockbreaker.

Inilah Bagian-bagian komponen Shockbreaker yang bisa dicurigai telah mengalami/sedang mengalami kerusakan dengan menimbulkan bunyi/suara :

-  Shockbreaker itu sendiri ( bunyi yang biasa ditimbulkan biasanya suara DUK DUK ), ada tiga  jenis kerusakan pada shock 1. Seal shockbreaker rusak sehingga menimbulkan kebocoran  2. As Shockbreaker sudah goyang atau oblak cukup besar sehingga menimbulkan bunyi 3. Mur shockbreaker ( paling atas shock ) rusak/selek sehingga penguncian/pemasangan shock menjadi tidak kuat.
-  Per Keong shockbreaker : 1.per lemah 2. per kependekan/sudah dipotong
-  Karet Penutup abu shockbreaker/selongsong shockbreaker  rusak/robek, Bunyi suara yang di timbulkan biasanya ngik ngik nguk nguk.
-  Karet Stopper shockbreaker (ada yang terpisah dan ada yang menyatu dengan karet selongsong/penutup shock)
-  Karet Support Shockbreaker/insulator, Bunyi suara yang di timbulkan oleh karet support shockbreaker adalah krek krek, karet support shockbreker biasanya ada yang memiliki 2 3 4 baut support
-  Laher/bearing karet Support shock breaker ( bisa berbentuk laher/beraing biasa dan ada juga fiber yang didalamnya ada laher/bearingnya )
-  Karet tatakan shockbreaker


MASALAH DI SEPUTAR/SEKITAR SHOCBREAKER


- Shockbreaker Bunyi berbunyi/suara bersuara
- Shock breaker Bocor/Rembes, mati sebelah atau mati dua duanya
- As Shockbreaker Oblak goyang baret luka
- Shockbreaker Gas/Oli terlalu keras/lembut, keras sebelah, lembut sebelah
- Merk/Harga Shockbreaker
- Shockbreaker Mati Sebelah
- Shockbreaker Keras/Bagel
- Shockbreaker Lemah
- Shockbreaker Suntikan/Rebuilt/Second/copotan/rekondisi
- Persamaan Shockbreaker

Kalau ada yang kurang tolong tambahin yaaa.

Tambahan Artikel bagus dari indonesiaindonesia.com dan KapanLagi.com tentang TIPS CARA MENGECEK SHOCKBREAKER ASLI ATAU PALSU.

Tips Cara mengecek Shockbreaker Asli atau Palsu :

-  Cek Fisik shockbreaker

1. Perhatikan seluruh permukaan shockbreaker. Shockbreaker yang sama sekali baru tak akan punya titik bekas las-lasan. Namun syarat ini tak mutlak. Sebab ada juga shockbreaker yang di dindingnya memiliki titik las, seperti produk Monroe. Titik las di shockbreaker tersebut adalah bawaan dari pabrik.

Namun, pastinya pencuri akan selalu lebih cerdik daripada polisi bukan? Untuk menghilangkan bekas titik las, bisa jadi permukaan dinding shockbreaker dihaluskan dengan gerinda. Selain itu, suntikan biasanya dilakukan pada bagian bawah atau dibalik ring penahan seal. Sehingga kalau ring dibuka, baru ketahuan kalau shockbreaker pernah 'dijus'.

2. Selanjutnya, periksa cat pelapis shockbreaker. Cat asli akan sulit terkelupas karena tebal dan andaikan terkelupas pun, akan langsung terlihat logam dinding shockbreaker dan bukannya lapisan cat yang lain. Kalau tercium khas bau cat pelapis, segera minta tukar dengan peredam yang lainnya.

3. Perhatikan cetakan huruf pada body shockbreaker. Shockbreaker yang dicat ulang, cetakan huruf tadi akan tertutup cat, sehingga cetakan hurufnya jadi tak kentara atau 'tak jelas'. Stiker juga harus melekat sempurna, tak kusut dan warnanya tak buram.

4. Cek lubang baut pada bawah shock breaker. Shockbreaker bekas jelas memiliki luka di sekitar lubang bautnya. Untuk menutupinya, lubang tersebut dilapis dengan dempul. Dengan diam-diam, korek sedikit sekitar lubang baut tersebut dengan kuku.

5. Ulir di batang shockbreaker juga tak boleh luput dari pemeriksaan Anda. Ulir shockbreaker yang dipoles ulang biasanya memiliki ujung drat yang tak rapi, karena dibubut ulang.

-  Cek Non Fisik Shockbreaker

1. Periksalah kinerja shockbreaker. Caranya, tarik dan tekan batang shockbreaker, lalu pastikan jalannya batang tak tersendat. Jika tersendat, pertanda ada udara di dalamnya. Sementara, pada batang tengah tak boleh ada goresan atau gerus tipis. Jika Anda menemui tanda-tanda ini, berarti batang tersebut telah berkali-kali 'naik-turun' alias sudah pernah terpakai.

2. Cek warna batang shockbreaker. Jika tampak kebiruan, itu disebabkan panas akibat gesekan 'naik-turun' antara batang dan seal shockbreaker. Sehingga batang tak lagi tampak mengkilat.

- Jenis Shockbreaker Double Atau Single Action

Pegang shockbreaker pada posisi tegak lurus. Setelah itu ditarik dan tekan beberapa kali secara perlahan. Kemudian, tekan secara tiba-tiba. Bila ada tahanan atau gerakannya lambat namun tak tersendat, berarti shockbreaker itu jenis double action. Bila tak ada tahanan atau bergerak terus, berarti single action.

- Jenis Gas Atau Oli ( Shockbreaker Gas Oli )

Cara yang sama dengan yang di atas, bisa dilakukan untuk membedakan shockbreaker berisi oli atau gas. Peganglah shockbreaker tersebut sampai habis (panjang minimum), kemudian lepaskan. Jika shockbreaker memanjang lagi, berarti itu shockbreaker tipe gas. Tapi bila tidak, itu adalah berjenis oli.

Yang terakhir, curigai masalah harganya. Jika bisa ditawar terlalu 'anjlok', maka bisa jadi itu adalah barang 'beru'. Biasanya shockbreaker 'beru' tersebut malah banyak tersedia di toko khusus shockbreaker.

Sebab, mereka punya bengkel dan peralatan sendiri. Sehingga, jika konsumen kembali ke toko karena shockbreaker yang baru dibelinya bermasalah, mereka bisa langsung bisa mengatasinya.

Agar tetap nyaman dan aman, shockbreaker yang sudah tak berfungsi harus segera diganti. Penggantian tak selalu didasarkan pada faktor masa pakai kendaraan saja. Tapi bisa saja terindikasi dari kondisi ban. Jika ban mengalami kebotakan yang tak merata, maka mungkin shockbreaker sudah tak berfungsi lagi. KapanLagi.com

Artikel terkait :

Shockbreaker
Bunyi pada kaki kaki mobil
Karet Bosh kaki kaki mobil
SHOCKBREAKER OTOMATIS
HARGA SHOCKBREAKER

Untuk mengecek HARGA DAN KOMPONEN/BAGIAN BAGIAN di sekitar SHOCKBREAKER silakan telpon di Nomor :


(021) 77 20 23 66 dan ( 021 ) 987 324 98


Kata pencarian :

Harga karet support karet penutup abu selongsong karet stopper laher bearing per keong karet tatakan shockbreaker, Suspensi Mobil Depan Belakang, Bunyi suara di sekitar shockbreaker, Penyebab Akibat Dampak, Fungsi Kegunaan Shockbreaker HARGA Shockbreaker mobil hyundai Kia Timor Mazda Ford Laser, Harga Shockbreaker, Shockbreaker harga terkini cek harga terkini harga murah, Tips cara merawat Shockbreaker, Tips cara memperbaiki me rebuild Rekondisi shockbreaker , Menjual berdagang jual shocbreaker Kaki kaki mobil, Tips cara Memilih mengecek shockbreaker mobil, Perbedaan antara shockbreaker oli dan gas, Tentang shockbreaker Mobil, Shock breaker LKS HRC SHRC, Tips mengetahui mengenal ciri ciri shockbreaker Asli Palsu baru dan bekas rekondisi rebuild, Shockbreaker depan belakang

HARGA MERK MEREK  Shockbreaker Shock breaker HYUNDAI Accent Verna Avega Atoz Trajet Elantra Getz Matrix i10 i20 BIMANTARA Cakra Nenggala, KIA  Visto Picanto Pride Carens 1 2 Carnival Bensin Diesel Shuma Sportage 1 2 Sedona Spectra Rio, TIMOR Sohc Dohc Injection Injeksi Karburator , FORD LASER  FORDLASER GL 1.3 CC Th 80 - 84 Ex Taxi 1.3 CC Th 86 - 98 Ghia 1.3 CC Th 86 - 89 Gala 1.6 CC Sonic 1.3 CC TX3 injection Champ 1.8 CC Th 90  Ford New Laser Ghia Inj ection 1.6 CC Th 95 -  Linx 1.8 CC Th 95-  TX5 1.6 CC Th 84-88, Ford Telstar TX5 Thunder ( Saloon dan Hatch Back ) dan TX5 Telstar TX5 Grand 2.0 CC Th 89 - , Ford Telstar TX5 Challange Th 93 -  Telstar TX5 Briliant Th 93 -  Escape Ranger Everest, MAZDA Kotak 808 323 Th 79 323 Th 80- 84 1.3 cc Elite Th 86 1.3 cc Trendy  Th 87 - 89 1.5 cc  323 Interplay  1.6 cc Astina 1.8 cc Familia 1.6 / 1.8 cc Lantis 1.8cc  Mr 90 baby boomer Vantrend  VT 616 Th 73 - 76 626 Th 80 - 84 ( Kebo) 626 LX Th 84 626 GLX 1.6 cc Th 86 626 SGX 87 2.0 cc 626 2.0 cc Capella 626 New Capella 2.0 cc MX 6 Cronos 2.0 CC dan 2.5 CC E 2000 DOHC INJECTION INJEKSI EFI SOHC KARBURATOR
Azis Motor Depok - Toko Onderdil dan Bengkel Spesialis Mobil HYUNDAI KIA TIMOR BIMANTARA EXCELL MAZDA FORD LASER - Ph. (021) 77 20 23 66